Kota Cantik Palangka Raya

Palangka Raya merupakan ibu kota dari Kalimantan Tengah yang memiliki julukkan "Kota Cantik" dengan memilik luas wilayah 2.400 km² dan berpenduduk sebanyak 220.962 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 92.067 jiwa tiap km² dan dibangun pada tahun 1957 (UU Darurat No. 10/1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Kalimantan Tengah) dari hutan belantara yang dibuka melalui Desa Pahandut di tepi Sungai Kahayan. Alasan megapa dijuluki "Kota Cantik" karena berasal  dari kata terenCana, kata Aman, kata Nyaman, kata Tertib, kata Indah dan diakhiri kata Keterbukaan. Kota ini sering disebut akan menjadi ibu kota Indonesia selanjutnya, karena memiliki tata ruang yang rapi dengan bundaran sebagai pusatnya. Palangka Raya terdiri dari banyak keberagaman dan tetap hidup berdampingan dengan damai. Adat istiadat di kota ini juga masih sangat terjaga, terlihat dari ritual-ritual yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Cr : Google images
 Di kota Palangka Raya sendiri tidak terlalu banyak tempat wisata, tetapi ada beberapa tempat yang layak untuk dikunjungi, seperti Pasuk Kameloh. Pasuk Kameloh yaitu sebuah taman yang memiliki konsep ruang terbuka hijau, taman ini juga digunakan untuk pertujunjukkan seni dari beberapa komunitas di Palangka Raya. Dari Pasuk Kameloh ini juga kita bisa melihat pemandangan Jembatan Kahayan dengan lampu-lampunya yang cantik.
Cr : @Infopky (Instagram)

 Cr : Google images

Kalimantan pastinya masih identik dengan yang namanya orangutan, buat yang penasaran tentang orangutan dan mau lebih belajar lebih banyak lagi tentang mereka bisa datang ke Arboretum Nyaru Menteng yang didirikan pada tahun 1999, khusus untuk menyediakan perawatan dan rehabilitasi bagi orangutan yang terusir dari habitatnya atau kehilangan induknya akibat kegiatan pembangunan manusia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Nyaru Menteng bisa kunjungi http://orangutan.or.id/.

Cr : Google images

 Palangka Raya memiliki landmark yang bersejerah yaitu Tugu Soekarno, tempat dimana batu pertama pembangunan kota Palangka Raya diletakkan. Berdasarkan sejarah, Soekarno sudah sejak lama merencanakan pemindahan ibu kota ke Palangka Raya dilihat dari desain dan konsep kotanya. 
 Hasil gambar untuk tugu soekarno palangkaraya  
Cr : Google Images

Comments

Popular posts from this blog

UMM

Jurusan Pendidikan Dokter